RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah              : SMA
Mata pelajaran    : Fisika
Kelas/semester   : XII / 12
Pemunatan         : IPA
Materi pokok      : Data digital
Alokasi waktu    : 2 pertemuan (2x45 me nit)
A.  KOMPETENSI INTI (KI) :
KI.1    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya
KI.2     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggung  jawab,pedulu (gotong  
royong,kerjasama,toleran,damai) santun,responsive dan pro-aktif dan menunjukkan     sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami,menerapkan dan menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,konseptual,prosedural,dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,senu,budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan dan kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.   KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1    Menyadari kebesaran tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling terkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu objektif;jujur; teliti;cermat; tekun;hati-hati;bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif  dan  peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.9  Memahami transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan  penerapannya dalam teknologi in#ormasi dan komunikasi.
4.9  Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi.

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.9.1 Menyebutkan pengertian teknologi digital dan teknologi analog, transmisi data dan penyimpanan data
3.9.2 Menjelaskan perbedaan teknologi digital dan teknologi analog
3.9.3 Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan teknologi digital
3.9.4 Menjelaskan perkembangan teknologi digital
3.9.5 Mendiskripsikan prinsip penyimpanan data dan transmisi data
4.9.1 mendeskripsikan tentang prinsip kerja telepon seluler

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke -1: transmisi data (4 JP)
1.     Tujuan pembelajaran
Siswa memiliki sikap ilmiah dan mampu
1.      Menyebutkan contoh alat dan teknologi analogi dan teknologi digital
2.      Menyebutkan perbedaan teknologi analogi dan teknologi digital
3.      Menyebutkan komponen utama dalam komunikasi data
4.      Menjelaskan diagram model komunikasi data sederhana
5.      Mendeskripsikan telekomunikasi
6.      Menyebutkan medium telekomunikasi
7.      Menyebutkan data telekomunikasi
8.      Menyebutkan perangkat telekomunikasi
9.      Menyebutkan jaringan komputer
10.  Menyebutkan tipe-tipe media telekomunikasi (media transmisi)
11.  Menjelaskan trasmisi data oleh radio
12.  Menjelaskan trasmisi data oleh TV
13.  Menjelaskan trasmisi data oleh HP
14.  Menjelaskan trasmisi data oleh sistem komputer
2.      Materi pembelajaran
1.      Teknologi analog
2.      Teknologi digital
3.      Perbedaan teknologi dengan teknologi digital
4.      Komunikasi data
5.      Telekomunikasi
·      Medium telekomunikasi
·      Data telekomunikasi
·      Perangkat telekomunikasi
·      Jaringan computer
·      Tipe-tipe media telekomunikasi (media transmisi)
6.      Transmisi data oleh :
·      Transmisi radio
·      Transmisi TV
·      Transmisi HP
·      Transmisi sistem komputer
3.      Metode pembelajaran
1) ModeI                 : Problem based learning
2) Metode                : Demonstrasi,tanya jawab,ceramah bermakna, dan diskusi
3) Pendekatan          :  Saintifik
4.      Media,alat,dan sumber belajar
I) Media                   : Slide
 PowerPoin,ModuI- I (terlampir). dan gambar
2) Alat dan bahan    : handy talky
3) Sumber Belajar
·      Internet
5.      Langkah Percobaan
a) PendahuIuan (20 menit) kemudian
·      Pembelajaran dibuka dengan mengucapkan salam dan berdoa,guru memeriksa kehadiran siswa.
·      Sebagai opersepsi siswa diberi kesempatan untuk mengingat kembali konsep tentang gelombang elektrornmagnetik melalui pertanyaan yang diberikan guru. “apa yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik?  Sebutkan contoh aplikasi alat teknologi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik?.
·      Guru menggali konsepsi awal siswa dan motivasi siswa dengan melakukan demonstrasi handy.talky yailu menunjukkan bentuk hand-talky dan bagian bagiannya kemudian bertanya pada siswa. ‘’pernahkah kalian menggunakan  handi talkv? Biasanya handi talkv digunakan untuk orang yang bekerja dibidang apa? Bagaimana cara kerja dari handi talkv ?’’






Gambar 1.2 bagian-bagian handi talkv

b) kegiatan inti (140 menit)
·      Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dan 4-5 orang setiap kelompoknya.
1.    Mengamati
·      Melalui gambar 1.2  kamera analog dan kamera digital siswa mengamati  bagian-bagian dari kamera maupun kamera digital dan media penyimpanan pada kamerra analog dengan kamera digital.




Gambar 1.2 kamera analog dan kamera digital
·         Melalui gambar 1.3 tentang radio,TV,HP,dan komputer siswa dapat mengamati bagian-bagian dan radio,TV,HP,dan komputer.


Gambar 1.3 radio,TV,HP,dan komputer
2.      Menanya
siswa di harapkan  menanyakan:
o  Kapan media penyimpanan data  pertama kali diperkenalkan7
o  bagaimana prinsip kerja masing-masing media penyimpanan data menggunakan kamera, handphone, dan flashdisk7
o  Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing media  penyimpanan data menggunakan kamera, handphone, dan flashdisk7
3.      Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan informasi/mencoba secara berkelompok, siswa mengumpulkan informasi melalui studi  pustaka artikel di internet tentang data dan informasi, sejarah perkembangan media penyimpanan data, media  penyimpanan data analog, penyimpanan data digital, penyimpanan data komputer.
4.         Menalar/mengasosiasi
Melalui diskusi kelompok dan tanya  jawab dengan guru, siswa menelaah hasil studi pustaka untuk menuliskan  perbedaaan data dan informasi, sejarah media penyimpanan data, prinsip kerja masing-masing media pernyimpanan data tersebut, kelebihan dan kekurangan masing-masing media penyimpanan data
5.      Mengkomunikasikan
·      Masing-masing kelompok rnempesentasekan hasil diskusi,tanya jawab, dan studi literature tentang transmisi data serta merespon pertanyaan sanggahan yang dikemukakan oleh kelompok siswa Iainnya.
·      Guru menyampaikan penguatan dan koreksi mengenai materi ajar hasil diskusi,tanya jawab dan studi literatur yang dilakukan mengenai transmisi data.
c)    Kegiatan penutup
·   siswa dan guru mere!iew hasil pembelajaran tentang teknologi digital dalam 
            transmisi dan penyimpanan data
·   guru memberi penghargaan  pada siswa yang aktif dalam diskusi
·   guru memberikan tugas untuk memngasah dari berbagai literatur untuk  
            materi pada  pertemuan
berikutnya

Pertemuan kedua : media penyimpanan data (4JP)
1.    Tujuan Pembelajaran
Setelah
melakukan percobaan,tanya jawab,cerarnah bermakna. dan berdiskusi diharapkan siswa memiliki sikap ilmiah dan mampu:
I) Menyebutkan definisi dari media penyimpan data
2) Mendeskripsikan ciri-ciri media penyimpan magnetic disk (floppy didc)
3) Menjelaskan prinsip kerja hardi&
4) Menyebutkan kegunaan dari hardisk
5) Menyebutka contoh alat dan media penyimpanan magnetic disk (floppy disk)
6) Mendeskripsikan ciri-ciri media penyimpanan optikal (optikal disk)
7) Mendeskripsikan karakteristik dan CD (Compat Disc atau Lcr Optic Disc)
8) Menjelaskan jenis-jenis CD (Compact Disc atau laser Optic Disc)
9) mendeskripsikan karakteristik dan DVD (Digital Video Disc Digital Versatile Disc)
10) Menjelaskan cara menyelamatkan data pada hardisk yang mengalami kerusakan
2.    Materi Pembelajaran
I) Media pcnyimpanan magnetic disk (floppy disk)
·      Ciri-ciri floppy disk
·      Hardisk
·      Flashdisk
·      Disket
2) Media penyimpanan optikal (optical disk)
·      Ciri-ciri optical disk
·      CD (Compat Disc atau Laser Optic Disc)
·      DVD (Digital Video Disc /digital Versatile Disc)
3)   Cara menyelamatkan data dan kerusakan hardisk
3.    Metode Pembelajaran
1) Model              : Problem based karning
2) Metode            : Tanya jawab,demonstrasi, ceramah bermakna. dan diskusi
3)   Pendekatan      : saintifik
4.    Media, Aiat, dan Sumber Belajar
I)  Media              : Slide Power Point, gambar, dan modul-2 (terlampirl)
2) AIat dan bahan            : laptop, CD, DVD, flasdisk. dan hardisk
3) Sumber belajar : internet
5.     Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Pendahuluan (20 menit)
·      Guru membuka pertemuan dengan menjawab salam dari siswa dan memeriksa kehadiran siswa. Siswa sudahdikondisikan di tempat duduknya masing-masingberdasarkan kelompok masing-masing
·      Guru menggali konsepsi awal tentang penyimpanan data dengan menunjukkan beberapa alat penyimpan data (kamera, recording pada handpone, fashdisk, kertas,dan buku) kemudian mengajukan pertanyaan ke siswa seperti berikut: “Sebutkan fungsi dari alat-alat tersebut dan bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut?”
·       Guru menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan:
b.    Kegiatan inti (140 menit)
1.    Mengamati
·      Siswa melakukan kegiatan pengamatan media penyimpanan data melalui pengambilan gambar menggunakan kamera
·      Perekaman suara menggunakan handphone
·      Penyimpanan data menggunakan flashdisk
·      dan penyimpanan data dengan menulis pada sebuah buku kemudian siswa diminta untuk membedakan cara penyimpanan data dari beberapa cara tersebut

2.    Menanya
siswa di harapkan  menanyakan:
·         Kapan media penyimpanan data  pertama kali diperkenalkan7
·         bagaimana prinsip kerja masing-masing media penyimpanan data menggunakan kamera, handphone, dan flashdisk7
·         Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing media  penyimpanan data menggunakan kamera, handphone, dan flashdisk7
3.     Mengumpulkan informasi /mencoba
secara berkelompok, siswa mengumpulkan informasi melalui studi  pustaka artikel di internet tentang data dan informasi, sejarah perkemangan media penyimpanan data, media  penyimpanan data analog, penyimpanandata digital, penyimpanan data komputer
4.    Menalar/mengasosiasi
kelompok dan tanya  jawab dengan guru, siswa menelaah hasil studi pustaka untuk menuliskan  perbedaaan data dan informasi, sejarah media penyimpanan data, prinsip kerja masing-masing media pernyimpanan data tersebut, kelebihan dan kekurangan masing-masing media penyimpanan data
5.    Mengomunikasikan
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil studi pustaka dan diskusi kemudian merespon pertanyaan sanggahan yang dikemukakan oleh kelompok siswa lainnya. guru menyampaikan penguatan dan koreksi mengenai proses  belajar mengajar maupun materi ajar mengenai data dan informasi, sejarah perkembangan media  penyimpanan data, media  penyimpanan data analog,  penyimpanan data digital,  penyimpanan data komputer



E.   PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Teknik penilaian
No
Aspek
Tekhnik
Bentuk instrumen
1.
Sikap
·      observasi kegiatan diskusi
·      penilaian diri
·           Lembar oser!asi
·           Format penilaian
2.
Pengetahuan
·      tes tertulis
·      penugasan
·           soal pilihan ganda
·           tugas
3.
Keterampilan
·      penilaian proyek
·           format penilaian laporan proyek
2.      Instrumen penilaian
a.       Pertemuan pertama
·      Penilaian sikap : lembar observasi sikap pada saat diskusi
·      Penilaian pengetahuan : soal uraian
·      Penilaian Keterampilan : lembar penilaian laporan proyek 
b.      Pertemuan kedua
c.       Pertemuan seterusnya
3.      Pembelajaran remedial dan pengayaan
·      pembelajaran remidial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian bagi peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67.
·      Strategi pembelajaran remidial dilaksanakan dengan pembelajaran remidial, penugasan dan tutor seraya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing peserta didik .
·      Peserta didik yang mendapat nilai diatas 2,67  diberikan tugas mengkaji materi telepon selule
4.      Kunci dan pedoman penskoran : terlampir
F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN  SUMBER BELAJAR
1.      Media/Alat : gambar alat yang termasuk teknologi digital
2.      Bahan
3.      Sumber belajar fisika -MA jilid III, bahan bacaan yang relevan dari internet

                                                                                               

                                                                                                Makassar,                2016
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran


______________                                                      __________________
NIP                                                                           NIP                                                                            





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH LAPORAN PRAKTIKUM UNGGAS