Masalah Perbedaan Antara Variabel (Teknik Analisa Komparasional)



Masalah Perbedaan Antara Variabel (Teknik Analisa Komparasional)
A.    PENGERTIAN KOMPARASI
Sebelum membicarakan tentang pengertian “ teknik analisis komprasional “ terlebih dahulu akan diketengahkan pengertian tentang istilah “ komprasional” jika kita memeriksa kamus bahasa inggris, akan kita jumpai isitlah compare, comparability – comprable, comparative dan comverasion.
Kata compare, compra artinya “bandingan” atau “tara” comparability mengandung arti “ sifat bisa diperbandingkan /disamakan comparative artinya yang bertalian dengan perbandingan atau pembandingan demikianlah seperti dikemukakan oleh john M. Echols dan hassan shadily dalam kamus inggris – indonesia.
Selanjutnya John M. Echols dan Hassan Shadily mengemukakan tiga buah contoh penggunaan kata “ Comparison” yaitu: 1. “It’s difficult to comparison the twe man” artinya untuk membandingkan kedua laki-laki itu”, 2. The comparison of dutch and german interesting “ Berarti: perbandingan antara bahasa belanda dan bahasa jerman adalah menarik hati.dan 3. “In comparasion with Chinese, malay is esay for speaker of English “ yang berarti” (kalau) dibandingkan dengan bahasa cina, bahasa melayu (lebih) mudah bagi orang-orang yang berbahasa ingris.
B.     PENGERTIAN PENELITIAN KOMPARASI
Berbicara entang pengertian penelitian komprasi Dr. Ny. Suharsimi arikunto dalam bukunya prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik ( 1983 ) sambil mengutip pidato pengukuhan Dra. Aswarni sudjud berjudul “ beberapa pemikiran tentang penelitian komprasi” menjelaskan bahwa penelitian komparasi pada pokoknya adalah penelitian yang berusaha untuk menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, tentang orang, tentang prosedur kerja, tentang ide, kritik terhadap orang, kelompok, terhadap suatu ide atau suatu prosuder kerja. Dapat juga dilaksanakan dengan maksud untuk membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan pandangan orang, grup atau negara terhadap kasus, terhadap pristiwa, atau terhadap ide.
Suharismi selanjutnya mengemukakan, apabila dikaitkan dengan pendapat VAN DALEN tentang jenis-jenis interrelationship studies, maka penelitian komparatif boleh jadi bias dimasukkan sebagai penelitian cau satu Comparative Studies, yang pada pokoknya ingin membandingkan dua atau tiga kejadian dengan melihat penyebabnya.
C.    PENGERTIAN TEKNIK ANALISIS KOMPARASIONAL
Bertitik tolak dari pengertian tentang komparasi dan pengertian tentang penelitian komperasi seperti telah dikemukakan diatas, maka dapat diberikan pengertian tentang teknik analisis komparasional, yaitu : salah satu teknik analisis kuantitatif  atau salah satu teknik analisis statistik yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya perbedaan antarvariabel yang sedag diteliti. Jika perbedaan itu memang ada, apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti atau menyakinkan ( signifikan ) ataukah bahwa perbedaan itu hanyalah secara kebetulan saja ( by chance ).
Teknik analisa komparasional termasuk dalam kelompok metode analisa statistic inferensial; dalam hal ini adalah teknik analisa inferensial yang dipergunakan untuk menguji hipotesa dan selanjutnya menarik lesimpulan mengenai ada tidaknya perbedaan yang signifikan diantara variable yang sedang diteliti.
D.    TEKNIK ANALISISKOMPRASIONAL DAN PENGGOLONGANYA
Dalam menguji perbedaan antarvariabel yang sedang diteliti, mungkin saja variabelnya dua buah dan mungkin pula lebih dari dua buah.
Teknik analisis komprasional dengan variabel yang diperbandingkan hanya dua buah saja, disebut teknikanalisis  komprasiona bivariat ( misalnya : apakah terdapat perbedaan sikap keagamaan yang signifikan antara remaja yang berdomisili di lingkungan masyarakat agraris dan remaja yang berdomisili di lingkungan masyarakat industri ?
Adapun apabila variable yang perbandingkan itu lebih dari dua buah, maka teknik analisanya disebut : Teknik Analisa Comparasional  Multi Variat  (Misalnya: apakah secara signifikan terdapat perbedaan sikap sosial dan sikap keagamaan remaja yang orang tuanya berbeda status sosial dan tingkatan pendidikannya ?).
E.     SOAL
1.      Jelaskan apa yang dimaksud komparasi?
2.      Jelaskan pengertian penelitian komparasi ?
3.      Jelaskan pengertian teknik analisa komparasional?
4.      Sebutka teknik analisa komparasional?
5.      Sebutkan perbedaan teknik analisa komparasional bivariat dan teknik analisa komparasional multivariat ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH LAPORAN PRAKTIKUM UNGGAS