ceramah: sabar adalah kunci kebahagian

SABAR ADALAH KUNCI KEBAHAGIAAN
Alhamdulillahi rabbil alamin assalatu wassalamu alaa asyrafil anbiyaai wal mursalin sayyidina Muhammad wa alla alihi wa ashabini ajemain am’ma ba’ad
Jamaah ,,,0h,,,jamaah,,Alhamdulillah
Al-Hamdulillah puji syukur  kita panjatkan kehadirat allah Swt. Allah yang Maha Pengasih tak pilih kasih, Allah Maha Penyayang tak pandang saying, Allah tidak membeda-bedakan antara presiden dengan penjual pepsodent, gubernur dengan
tukang cukur, Bupati dengan  penjual kayu jati, Camat dengan penjual tomat, lurah dengan penjual buah, yang kaya dan yang miskin, semuanya sama dihadapan Allah Swt. Yang membedakan hanayalah ketaqwaannya kepada Allah Swt.
Salawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad Saw. Nabi yang berhasil membawa manusia dari zaman kerbau makan rumput kezaman motor makan bensin artinya dari zaman jahiliyah ke zaman modern.
Dewan juri yang saya hormati serta teman-teman yang cinta karena Allah Swt.
Pada kesempatan ini saya akan membawakan ceramah yang berjudul sabar adalah kunci kebahagiaan.
Jamaah,,oh,,jamaah mau bahagia tidak,,? ,,,kalau mau bahagia mari kita tanamkan sifat sabar dalam diri kita,,,karean Allah Swt. Berfirman innallaha maa sabiri artinya Sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar.
Hadiri kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.
Menurut pendapat Imam Al-Ghazali secara garis besar kesabaran itu ada 3 hal  :
1.      Sabar dalam menanti perintah Allah.
Seseorang sangat memerlukan kesabaran menanti dan melaksanakan perintah Allah swt. sebab  memang beribadah sangat kurang disenangi oleh nafsu. Misalnya saja dengan kemalasan mendirikan shalat atau sebab kekikiran menunaikan zakat atau pun dengan sebab kedua-duanya maka semua itulah sangat memerlukan kesabaran. Oleh karena itu jamaah sekalian kita harus sabar dalam melaksanakan perintah Allah Swt.
2.      Sabar menghindari maksiat atau larangan Allah.
Allah Swt berFirman di dalam surah. An-Nahl :ayat 90 “ Artinya :“ Allah melarang perbuatan keji, pelanggaran, dan kedurhakaan .”
      Juga kita perlu memahami bahwa manusia itu sangat memerlukan kesabaran untuk menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan maksiat oleh karena biasanya  hawa nafsu itu lebih mudah dan cepat mendorong manusia kepada kemaksiatan.contohx lihat para pemuda dan pemudi yang tidak sabar menahan hawa nafsunya, awalnya  mereka berkenalan ,  setalah  berkenalan meraka janjian  ketemuan, setelah ketemuan mereka pacaran setelah pacaran mereka melakukan kemaksiatan kepada Allah Swt. betul,,benar,, setuju,,mantap.
3.      Sabar menerima musibah ( cobaan Allah )
Sebagai orang yang beriman tentu kita sudah masing-masing meyakini adanya Takdir Allah kepada setiap hambanya. Sebagaimana firman Allah surah Al-Baqarah : 155
Walanabelluwannakum bisyaein minal khaofi wal-juin wanaqessin minal amwali wal anfussi wassamarati wabassiri sabirin.
Artinya :
“ Dan sesungguhnya akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.
            Dari ayat di atas kita sudah seharusnya siap menerima cobaan yang akan diberikan Allah kepada setiap hamba-Nya dimana dengan cobaan atau musibah itu akan diukur iman dan takwa kepada Allah Swt . dan kekuatan yang bisa menahan cobaan-cobaan tersebut hanayalah dengn kekuatan kesabaran.
Jamaah,,,oh,,jamah,,,tau nggak hidup ini penuh dengan cabaan dan ujian dari Allah Swt. ada lagu yang mengatakan bahwa hidup ini penuh dengan cabaan dan ujian mau dengar engga,,,? Baiklah lagunya seperti ini ..hidup di dunia ini penuh caba dan uji semua perbuatan akan dapat balasan.
Sbagai kesimpulan kesabaran ada 3
1.      Sabar dalam menanti perintah Allah.
2.      Sabar menghindari maksiat atau larangan Allah
3.      Sabar menerima musibah ( cobaan Allah )
Mungkin ini yang dapatsaya sampaikan, jika ada benarnya datang dari Allah Swt, jika ada salahnya itu dari saya sendiri, sebelum saya tutup saya punya pantun mau dengar engga,,,? Pantunya seperti ini…. ada setan makan terasi cukup sekian dan terima kasih ….akhirya saya Muh. Fahrul Syam mohon undur diri ,,,,sekian
Wabillahi Taufiq Walhidayah
Wassalamu alaikum waahmatullahi wabarakatuh

     



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH LAPORAN PRAKTIKUM UNGGAS